Penerimaan Tamu Ambalan

 Penerimaan Tamu Ambalan Gugus Depan Kwartir Ranting Winong 15.2485 - 15.2486 Pangkalan MA PPKP Darul Ma'la


Motto : Satyaku kudarmakan Darmaku Kubaktikan Salam Pramuka...!
setiap janji dan komitmen diri yang telah diucapkan dan atau dihayati menjadi ketetapan yang harus ditepati dan dilaksanakan dalam sikap dan perilaku sehari-hari.

Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) merupakan salah satu kegiatan kepramukaan yang wajib diikuti oleh peserta didik anggota pramuka dari jenjang penggalang SMP ke jenjang penegak SMA/MA.
Hal tersebut memberikan pembekalan kepada anggota pramuka melalui materi – materi yang dapat diterapkan di kepramukaan, sekolah, dan kehidupan bermasyarakat.

Tujuan dari kegiatan PTA ini terkhusus di pankalan MA Darma adalah sebagai berikut :

  1. Menumbuhkan jiwa kepemimpinan كُلُّكُمْ رَاعٍ وَكُلُّكُمْ مَسْئُولٌ setiap kalian adalah pemimpin, dan setiap kalian akan dimintai pertanggungjawabannya.
  2. Menanamkan kedisiplinan. Disiplin merupakan kunci kesuksesan/kemenangan. Kebenaran yang tidak disiplin bisa terkalahkan oleh kebatilan yang disiplin. Disiplin adalah perilaku untuk selalu mengikuti ketentuan yang telah ditetapkan
  3. Menumbuhkan Kemandirian. Menurut Watson,“kemandirian berarti kebebasan untuk mengambil inisiatif, mengatasi hambatan, melakukan sesuatu dengan tepat, gigih dalam usaha, dan melakukan sendiri segala sesuatu tanpa mengandalkan bantuan dari orang lain.”
Ambalan Penegak atau sering hanya disebut ambalan adalah satuan organisasi dalam gerakan pramuka yang terdiri atas paling banyak 32 orang Paramuka Penegak. Ambalan Penegak dibagi dalam 4 sangga yang masing-masing sangga terdiri atas 6 - 8 orang Pramuka Penegak. Ambalan Penegak merupakan tempat pembinaan Pramuka berusia 16 sampai 20 tahun yang disebut Pramuka Penegak.

Dewan Ambalan adalah suatu wadah pembinaan kepemimpinan yang terdiri dari para Pramuka Penegak yang sudah dilantik yang bertugas merencanakan ,mengelola dan menggerakan kegiatan di Ambalan yang bersangkutan dengan bimbingan pembinanya.

Dokumentasi Foto

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form