Khutbah Jumat Jumadil Awwal

 Jumat, 24/11/2023


إِنّ الْحَمْدَ ِللهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَسَيّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلّ لَهُ

وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاّ اللهُ وَأَشْهَدُ أَنّ مُحَمّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ

اَللهُمّ صَلّ وَسَلّمْ عَلى سيد نا مُحَمّدٍ وَعَلى آلِهِ وِأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدّيْن ( اما بعد ).

يَاأَيّهَا الّذَيْنَ آمَنُوْا اتّقُوا اللهَ حَقّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنّ إِلاّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ

وَاَنْفِقُوْا فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ وَلَا تُلْقُوْا بِاَيْدِيْكُمْ اِلَى التَّهْلُكَةِ ۛ وَاَحْسِنُوْا ۛ اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ الْمُحْسِنِيْنَ

 

Ma’ asyiral muslimin Jama’ah Jumat Yang Dirahmati Allah سبحانه و تعالى !!!

Dihari istimewa yang penuh berkah ini, marilah kita sama-sama meningkatkan kualitas ketakwaan kita kepada Allah SWT karena taqwa merupakan senjata yang paling ampuh di dalam melawan berbagai kesesatan dunia maupun tipu dayanya, taqwa juga menjadi sebaik-baiknya bekal yaitu dengan menjalankan semua perintah-perintahnya dan menjauhi larangan-larangannya.

Dan dengan taqwa pula kita bisa mencapai kedudukan yang mulia di sisi Allah SWT, sebagaimana firmannya :

ﺇِﻥَّ ﺃَﻛْﺮَﻣَﻜُﻢْ ﻋِﻨْﺪَ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺃَﺗْﻘَﺎﻛُﻢْ

Artinya :

“Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling taqwa di antara kamu” (QS. Al Hujurat: 13).

 

Ma’ asyiral muslimin Jama’ah Jumat Yang Dirahmati Allah سبحانه و تعالى !!!

Puji syukut Alhamdulillah patutlah kita ucapkan pada Allah yang telah memberikan kesempatan dan kesehatan pada kita semua, dijumat yang penuh berkah ini. Jum’at berkah dibulan Jumadil Awal atau Jumadil Ula bulan kelima pada kalender islam atau kalender hijriah. Kalau dilihat dari namanya, Jumadil awal atau jumadil ula diartikan sebagai bulan  petama memasuki cuaca yang dingin. Karena kata Jumadil itu berakar dari kata ‘jamada’, yang artinya beku. Lantaran pada waktu saking dinginnya menyebabkan air menjadi beku atau menjadi es. Demikian asal muasal bulan ini disebut Jumadil Awal.

Sedangkan kenyataannya pada saat ini, di Sebagian besar  wilayah Indonesia, di bulan ini kita sedang memasuki  musim panca roba atau peralihan musim dari kemarau ke penghujan dengan rasa  damai dan tenang berbeda jauh dengan saudara” muslim kita yang ada di belahan bumi lainnya missal digaza palestina dan rohinya Myanmar dan dibelahan bumi lainnya yang saat ini dilanda konflik dan peperanga

Dalam kondisi pancaroba atau peralihan musim, biasanya orang mudah sekali terjangkit penyakit tertentu ISPA atau Infeksi Saluran Pernapasan Akut seperti bronkitis, pilek, influenza batuk dan demam. Pada saat kita sakit, terutama sakit yang terbilang berat atau juga adanya musibah bencana alam dan konflik peperangan, maka kita baru akan merasakan betapa besarnya nikmatnya sehat dan rasa aman itu.

Ma’ asyiral muslimin Jama’ah Jumat Yang Dirahmati Allah سبحانه و تعالى !!!

Memang acapkali kita manusia sering melupakan kedua nikmat ini, yakni nikmat sehat dan rasa aman. Pantas saja, dalam suatu hadits Nabi Muhammad bersabada :

 عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ: قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: نِعْمَتَانِ مَغْبُونٌ فِيهِمَا كَثِيرٌ مِنْ النَّاسِ، اَلصِّحَّةُ وَالْفَرَاغُ

Artinya, “Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra, dia berkata: ‘Nabi saw bersabda: ‘Ada dua kenikmatan yang kebanyakan manusia tertipu (lalai) padanya, yaitu kesehatan dan waktu luang.” (HR al-Bukhari).

Pada hadits lainnya beliau bersabda,

 

مَنْ أَصْبَحَ مِنْكُمْ آمِنًا فِى سِرْبِهِ مُعَافًى فِى جَسَدِهِ عِنْدَهُ قُوتُ يَوْمِهِ فَكَأَنَّمَا حِيزَتْ لَهُ الدُّنْيَا

 

Barangsiapa di antara kalian mendapatkan rasa aman di rumahnya (pada diri, keluarga dan masyarakatnya), diberikan kesehatan badan, dan memiliki makanan pokok pada hari itu di rumahnya, maka seakan-akan dunia telah terkumpul pada dirinya.” (HR. Tirmidzi no. 2346, Ibnu Majah no. 4141. Abu ’Isa mengatakan bahwa hadits ini hasan ghorib).

 

Dalam Kitab Mukhtashar Minhâjul Qâshidîn, Kitab ini berisis intisari dari kitab Ihya` Ulûmiddîn yang ditulis oleh hujjatul islam Imam Al Ghojali… dalam kitab ini diriwayatkan, ada seorang laki-2 yang tampak segar bugar tapi miskin, kemudian lelaki miskin tadi  mengadukan kemiskinannya dan menampakkan kesusahannya kepada seorang alim.

 

Lalu Si Alim berkata :  “Apakah engkau bisa senang, bila menjadi buta dengan mendapatkan 10 ribu Dinar emas (505.354.000)?”  “Tidak”, jawabnya.  “Apakah engkau senang menjadi bisu dengan mendapatkan 10 ribu dinar?” tanya ulang Si Alim.   “Tidak”, jawabnya.  “Apakah engkau senang menjadi orang yang tidak punya kedua tangan dan kedua kaki dengan mendapatkan 20 ribu dinar ?”, lanjut Si Alim.  “Tidak”, jawabnya.  “Apakah engkau senang menjadi orang gila dengan mendapatkan 10 ribu dinar?” Si Alim terus bertanya. “Tidak”, jawabnya.  “Apakah engkau tidak merasa malu berkeluh kesah mengadukan kemiskinanmu kepada Tuhanmu sedangkan Dia memiliki harta lebih dari 50 ribu dinar yang ada padamu?”, pungkas Si Alim.

 

Dari kisah tersebut, kita dapat memetik pelajaran bahwa nikmat sehat atau kesehatan jauh lebih berharga dibanding uang yang banyak ataupun harta yang melimpah. 

Dalam Islam menjaga kesehatan menjadi bagian penting dari prinsip-prinsip pemeliharaan pokok syariat (maqâsidusy syarî’ah) Islam menganggap bahwa kesehatan termasuk bagian dari nikmat Allah SWT. yang paling besar setelah nikmat Iman dan Islam, Islam melarang berbagai tindakan yang membahayakan kesehatan atau keselamatan jiwa, sebagaimana tersebut dalam firman Allah swt

وَلَا تُلْقُوْا بِاَيْدِيْكُمْ اِلَى التَّهْلُكَةِ ۛ

 

Artinya, "Dan janganlah kalian menjatuhkan diri kalian dalam kerusakan." (QS Al-Baqarah: 195);

 

وَلَا تَقْتُلُوٓا۟ أَنفُسَكُمْ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ كَانَ بِكُمْ رَحِيمًا

Artinya :“Dan janganlah kalian  membunuh diri kalian. Sungguh Allah Maha Penyayang kepada kalian." (QS an-Nisa': 29).

Hal terindah dan terbaik dalam hidup ini adalah ketika kita mendapatkan nikmat kesehatan dan hidup bermasyarakat, dengan rasa aman, kita mensyukurinya dengan menggunakan sebaik-baiknya untuk beribadah kepada Allah dan berbuat baik kepada sesama. Nabi Muhammad saw berpesan dalam sabdanya :

 اِغْتَنِمْ خَمْسًا قَبْلَ خَمْسٍ: شَبَا بَكَ قَبْلَ هَرَ مِكَ، وَصِحَّتَكَ قَبْلَ سَقَمِكَ، وَغِنَاكَ قَبْلَ فَقْرِكَ، وَفَرَاغَكَ قَبْلَ شُغْلِكَ، وَحَيَاتَكَ قَبْلَ مَوْتِكَ (رواه الحاكم)

ِArtinya, “Jagalah lima hal sebelum datang lima hal lainnya, yaitu (1) mudamu sebelum tuamu, (2) kesehatanmu sebelum sakitmu, (3) kayamu sebelum fakirmu, (4) luang waktumu sebelum sibukmu, dan (5) hidupmu sebelum matimu. (HR al-Hakim).


Sehat merupakan salah satu nikmat yang wajib kita syukuri dan “Semoga kita menjadi hamba Allah yang senantiasa bersyukur atas segala nikmat yang dilimpahkan kepada kita, melalui khutbah ini kita berdo’a

untuk saudara” muslim kita diseluruh dunia yang saat ini lagi ditimpa bencana dan konflik peperangan khususnya saudara muslim kita gaza di Palestina. Semoga Allah sennatiasa melimpahkan kepada mereka  ketabahan, kesabaran dan kekuatan, dan semoga Allah segera menurunkan pertolongan, ketenteraman dan kedamaian di negeri mereka. Aamiin, aamin ya robbal aalamien.

 

بارك الله لى ولكم في القرأن العظيم ونفعني واياكم بالأيات والذ كر الحكيم اقول قولى هذا واستغفروه انه هو الغفور الرحيم.

 

KHUTBAH KEDUA

اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ اِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَاَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى اِلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اَلِهِ وَاَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا
اَمَّا بَعْدُ فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا اَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا اَنَّ اللهّ اَمَرَكُمْ بِاَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآئِكَتِهِ بِقُدْسِهِ وَقَالَ تَعاَلَى اِنَّ اللهَ وَمَلآ ئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا 

اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ
اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآءُ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ.

اللهُمَّ اَعِزَّ اْلاِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِين وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ اَعْدَاءَالدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتَكَ اِلَى يَوْمَ الدِّيْنِ.

 اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ
رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَاوَاِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ.
 
عِبَادَاللهِ ! اِنَّ اللهَ يَأْمُرُنَا بِاْلعَدْلِ وَاْلاِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِى اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ  

وَاذْكُرُوااللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ اَكْبَرْ

 

QS. Al-Ahzab : 56

QS. Al Baqoroh 2 : 21

QS. Al A’rof : 23

 

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form