HAB KEMENAG KE-77 DI MA DARMA



Tanggal 3 Januari 1946 M/29 Muharram 1365 H hari lahirnya Departemen Agama (DEPAG) Melalui Penetapan Pemerintah No. 1/S.D pada 3 Januari 1946 M/29 Muharram 1365 H oleh Presiden Soekarno, Kementerian Agama resmi dibentuk dalam Kabinet Sjahrir II.

Awalnya, usulan terkait pembentukan Kementerian yang mengurusi persoalan-persoalan agama telah disampaikan oleh Muhammad Yamin. Hal itu dilakukannya ketika sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada 11 Juli 1945. Akan tetapi, gagasan tersebut tidak terwujud, karena ditolak oleh mayoritas anggota Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) saat melakukan sidang pada 19 Agustus 1945.

Wacana pembentukan Kementerian Agama kembali muncul pada sidang Pleno Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) pada 25-27 November 1945. Hal tersebut diprakarsai oleh tiga perwakilan Komite Nasional Indonesia Daerah Keresidenan Banyumas: K.H. Abu Dardiri, K.H.M Saleh Suaidy, dan M. Sukoso Wirjosaputro.

Prasaran tersebut disambut baik oleh peserta sidang, dan turut dikuatkan oleh tokoh-tokoh Islam seperti: Mohammad Natsir, Dr. Muwardi, Dr. Marzuki Mahdi, dan M. Kartosudarmo. Hasilnya, seluruh peserta sidang menyepakati secara aklamasi pembentukan Kementerian Agama. Keputusan tersebut lalu ditindaklanjuti dengan menunjuk Haji Mohammad Rasjidi sebagai Menteri Agama RI yang pertama, serta memberitakan pembentukan Kementerian Agama melalui Radio Republik Indonesia (RRI).

Soaurce https://www.gurusiana.id/read/syarifsulaeman/article/sejarah-lahirnya-kementerian-agama-ri

Peringatan HAB KEMENAG KE-77 DI MA DARMA disi dengan Kegiatan Tahtimul Qur'an Binnadhor dilanjutkan Penyerahan Penghargaan Untuk Para Juara Classmetting 

Dokumentasi Foto Tahtimul Qur'an Binnadhor Di MA DARMA


X MIA1

X IIS2


X MIA2

XI MIA1

XI MIA2

XI IIS1

XI IIS2

XII MIA1

XII MIA2

XII IIS

D0kumentasi Penyerahan Penghargaan Untuk Para Juara Classmetting 












Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form