Microsoft Office Excel

 



Pengenalan Program Microsoft Excel
Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik dengan menggunakan strategi marketing. Microsoft Excel saat ini sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro atau PC (Personal Computer) hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh berbagai pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2013 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2013.

Pengertian Aplikasi Pengolah Angka
Pengolah Angka atau spreadsheet merupakan suatu tabel nilai-nilai yang disusun dalam baris dan kolom. Masing-masing nilai dapat memiliki suatu hubungan yang telah terdefinisi dengan nilai yang lainnya. Jika salah satu nilai dirubah, maka nilai yang lain juga perlu dirubah. Aplikasi spreadsheet merupakan program komputer yang membiarkan kita untuk membuat dan memanipulasi lembar kerja secara elektronik. Pada suatu spreadsheet, masing-masing nilai menempati suatu sel. Kita dapat medefinisikan tipe data pada sel dan hubungannya dengan sel-sel yang lain.
Perangkat aplikasi pengolah angka adalah program yang difungsikan untuk mengolah data berupa angka. Kemampuan aplikasi ini, antara lain: pembuatan tabel data, pengolahan data dengan melibatkan penggunaan rumus, grafik, database, dan Iain-Iain. Dalam hal ini, angka yang sering muncul di bidang bisnis, ilmiah, perencanaan, pembuatan statistik, pembuatan lembar kerja, pengelolaan angka untuk perhitungan sebuah data (basis data) dan grafik.

Jenis – jenis Aplikasi Pengolah Angka Selain Microsoft Office Excel.
  1. Lotus 1-2-3, lotus 1-2-3 merupakan aplikasi pengolah angka yang dikeluarkan oleh IBM dan dapat dijalankan dalam komputer yang menggunakan sistem operasi Windows.
  2. Quatro Pro, qatro pro adalah program spreadsheet yang dikembangkan oleh Borland dan sekarang dijual oleh Corel, paling sering sebagai bagian dari Corel WordPerfect Office suite.
  3. Applixware Spreadsheet, applixware adalah suite aplikasi modular disunting oleh Vistasource, Inc
  4. StarCalc, starcalc merupakan aplikasi pengolah angka (spreadsheet) yang bersifat multiplatfom. Kelebihan dari StarOffice Calc adalah kemampuanya untuk mengklarifikasi data yang ditempakan di lembaran kerja dan membantu pengguna untuk membuat grafik dari data tersebut. Selain itu adalah kemampuannya mengkonversi data dengan aplikasi pengolah angka lain.
  5. Kspread, kspread, merupakan aplikasi pengolah angka (spreadsheet) yang bersifat open source dan multiplatform.
  6. Gnumeric, gnumeric adalah aplikasi pengolah angka yang merupakan keluarga dari GNOME Office dan bersifat open source serta multiplatform. Gnumeric merupakan suatu aplikasi pengolah angka kualitas tinggi yang dikembangkan dalam proyek GNOME Office.
  7. Siag, siag merupakan singkatan dari Scheme In A Grid, suatu spreadsheet berbasis X-window di lingkungan Unix. Program ini menggunakan Scheme (suatu dialek Lisp) yang dua-duanya digunakan untuk membuat ekspresi dan sebagai bahasa ekstensi, yang memberikan kemudahan untuk membuat fungsi-fungsi baru. Tidak diperlukan pengetahuan tentang Scheme untuk menggunakan Siag, ekspresi dapat dimasukkan dalam sintaks spreadsheet tradisional seperti biasa. Program ini aslinya dibuat akibat kefrustrasian si pembuat (Ulric Eriksson) karena melihat kenyataan bahwa sebagian besar spreadsheet yang bagus tidak gratis di Linux.
  8. OpenOffice Calc, openoffice calc, adalah aplikasi pengolah angka yang besifat open source (dapat dibuka melalui sistem operasi apa saja) dan multi flatform. Open Office Calc adalah program spreadsheet yang dapat dipergunakan untuk membuat daftar memelihara record, dan menganalisis data. Open Office Calc dapat digunakan untuk mengelola data dalam bentuk spreadsheet, menggunakan rumus untuk melakukan perhitungan data, dan menampilkan hasil dalam bentuk grafik. Dokumen Open Office Calc disebut spreadsheet. Pada saat membuka spreadsheet baru akan disediakan 3 sheets, yaitu Sheetl, Sheet2, Sheet3, dan kita dapat menambah atau mengurangi sheet yang ada. Model tampilan OpenOffice Calc hampir mirip dengan program Microsoft Excel.
  9. WingZ, wingz adalah program aplikasi pengolah angka yang bersifat multiplatform dan freeware meski dibatasi hanya untuk penggunaan non komersial dan tidak untuk dijual kembali. WingZ bukan hanya sekedar aplikasi pengolah angka biasa. WingZ adalah aplikasi engolah angka yang dilengkapi dengan perangkat alat bantu untuk menganalisis data dinamis dengan fungsi-fungsi lengkap dalam bidang statistik, rekayasa, dan keuangan serta dengan adanya ketersediaan matriks lembaran kerja multiplayer.
  10. XESS, xess adalah aplikasi pengolah angka yang dibuat oleh AIS dan bersifat multiplatform. XESS dikeluarkan dalam 2 versi, yaitu versi enterprise yang dibuat untuk peggunaan ditingkat perusahaan dan versi Lite yang ditujukan untuk pengguna perorangan. Untuk pengguna ditingkat enterprise, XESS dikeluarkan dengan 3 macam pilihan. Yaitu XESS yang dilengkapi dengan fungsi-fungsi standar serta kompatibel dengan Lotus dan Excel.XessPlus yang dilengkapi dengan kemampuan menggunakan Micro Add-Ins, dan XessSDK yang dilengkapi dengan kemampuan untuk melakukan pemrograman.
  11. Xxl, Xxl, adalah aplikasi pengolah angka yang dikembangkan oleh Universitas Nice dan dapat dijalankan dikomputer dengan system Unix. Xxl mempunyai tampilan GUI yang sederhana dan mudah digunakan. Kelebihan dari Xxl adalah aplikasi ini dilengkapi dengan fungsi-fungsi kompleks yang tidak ada di aplikasi pengolah angka lain pada umumnya, karena fungsi-fungsi tersebut memang jarang digunakan oleh pengguna pada umumnya.
  12. Abacus,  abacus, adalah aplikasi pengolah angka yang hanya membutuhkan memori kecil dan sangat mudah digunakan. Awalnya Abacus dikembangkan sebagai proyek mahasiswa di Universitas IST, Portugal di bawah bimbingan Prof. Arlindo Oliveira. Abacus memiliki tampilan yang sangat mudah untuk digunakan layaknya aplikasi pengolah angka yang lain.
  13. Abs, abs merupakan suatu program spreadsheet yang berdiri sendiri yang dapat dijalankan pada sembarang platform Unix (Linux). Program ini memiliki bahasa makro AB Visual yang kompatibel dengan Microsoft Visual Basic. abs dapat bertukar data dengan Microsoft Excel melalui Visual Basic. Seluruh data, format, gambar, kontrol dan bagan (chart) dapat dieksport ke Microsoft Excel. Program ini didistribusikan dengan source code dibawah lisensi GPL. Program ini masih tetap dikembangkan, tetapi sudah cukup stabil untuk digunakan.
Fungsi dam Kegunaan Ms Excel
  1. Menghitung jumlah Laba Rugi Perusahaan, mencari besarnya keuntungan, menghitung gaji karyawan ( Bidang Akuntansi).
  2. Mencari data dari hasil perkalian, pengurangan, penjumlahan dan pembagian serta berbagai variasi lainnya ( Kalkulasi Matematis ).
  3. Pengolahan data base statistic, mencari nilai tengah, rata – rata dan pencarian nilai maksimum dan minimum (Pengolahan Data ).
  4. Membuat grafik perkembangan jumlah penduduk, grafik penjualan barang, grafik kelulusan siswa, grafik nilai dan sebagainya ( Pembuatan grafik ).
  5. Operasi Tabel.
  6. Membantu pekerjaan di bidang pembuatan statistic
  7. Dll.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form