Briefing Pagi Sebelum AM & PERO 23/24

 

  1. Asesmen Madrasah (AM) pengganti Ujian Madrasah (UM), yang diujikan dalam Asesmen Madrasah (AM) adalah semua mapel terakhir yang diajarkan di kls XII (Sesuai struktur kurikulum yang berlaku dalam satuan pendidikan) dan yang diuji adalah hanya siswa siswi kls XII untuk memenuhi Standar Kompetensi Lulusan (SKL).
  2. Moda (bentuk atau jenis) Pelaksanaan AM bebas bisa AMBK, AMBKP atau moda yang lain.
  3. Jumlah peserta keseluruhan AM TP. 2023/2024, 112 anak (IPA 57 IPS 55 anak) (45 PA, 67 PI). Ada 6 Ruang maksimal 20 anak setiap ruangnya. Mia ( 3 ruang ),  Iis (3 ruang)
  4. AM di MA PPKP Darul Ma'la dilaksanakan pada tanggal 22 Maret sd 3 April (laporan 04 sd 30 Maret sesuai POS AM)
  5. Bentuk soal (mode AM) yang kita pakai adalah tes tertulis terdiri dari 40 Soal (berbentuk pilihan ganda dan pilihan ganda komplek) dan 5 Soal (berbentuk Isian dan Uraian) untuk mapel non eksak, dan 35 soal pilihan ganda dan 5 soal essay dan uraian untuk mapel eksak. Catatan Soal AM tertulis minimal harus ada 3 bentuk soal.
  6. Ujian Munaqosah sebagai bagian dari AM dan menjadi penyempurnya Kriteria Kelulusan pada satuan pendidikan dan penentu dikeluarkannya Surat Keterangan Lulus (SKL) mengujikan 3 kompetensi yaitu 1. Kompetensi Fiqih/Fasholatan, 2. Kompetensi Dzikir dan Tahlil dan 3. Kompetensi Al Qur'an (Membaca dan Menghafal Surat-surat Pendek Juz 30). Catatan Kisi-2 udah dishare ke anak dan udah ditulis.
  7. Moda AM yang kita pakai di tahun pelajaran 2023/2024 sama dengan ditahun sebelumnya yaitu moda AMBKP (Asesment Madrasah Berbasis Kertas Pensil)
  8. Kepengawasan AM 1/2 orang pengawas dan silang antar mapel (Sesuai Standard Operating Procedure/Prosedur Operasi Standar AM). Bukan guru mapel yang diujikan)
  9. Nomor peserta AM 15 digit (2 digit pertama tahun ujian, 2 digit kedua provinsi untuk jateng kode 11, 2 digit ketiga kabupaten untuk Pati kode 18, 1 digit keempat jenjang sekolah untuk MA kode 3, 4 digit kelima kode Madarsah untuk MA DARMA kode 0006, 4 digit keenam nomor urut peserta AM. CONTOH 24-11-18-3-0006-0001
  10. Selama pelaksanaan AM Panitia wajib menyedikan panduan dan pelaksanaan am sesuai POS. Juklak atau Juknis AM 2024 meliputi : POS AM, SK, Panitia, Daftar Peserta, Tata tertib Peserta, Tata tertib Pengawas, Jadwal AM, Denah Lokasi, Denah tempat duduk peserta, Arsip Kisi" dan Soal, Daftar Hadir Peserta, Daftar Hadir Pengawas, Berita acara AM, Daftar Nilai dan lain-lain Catatan semuanya tercetak dan tersusun dengan rapi persiapan menghadapi visitasi dari pengawas maupun kemenag (pemantauan & evaluasi)
  11. Kriteria kelulusan : menyelesaikan seluruh program pembelajaran, Memperoleh nilai sikap minimal baik, Mengikuti AM yang diselenggarakan.
  12. Kelulusan peserta didik madrasah ditentukan melalui rapat dewan guru pada Madrasah bersangkutan dan ditetapkan dengan surat keputusan kepala madrasah.
  13. Pengumuman kelulusan untuk Madrasah Aliyah (MA) diperkirakan pada minggu pertama bulan Mei 2024 dan diumumkan secara online.
  14. Yang terpenting pengawasan dilaksanakan dengan baik.

Pesantren Romadhon (PERO)
  1. Pero dilaksanakan Jumat sd Kamis 22-28 Maret 2024. 
  2. Jadwal Pero beserta ustadz pematerinya udah siap.
  3. Ustadz pemateri pero wajib menyetorkan minimal 7 soal pilihan ganda pada wakakur sebelum penyampaian materi sebagai bahan soal kuis dan post test.
  4. Disediakan doorprize bagi peserta yang bisa menjawab kuis pesantren romadhon.
  5. Selama pelaksanaan Pero siswa atau siswi dari Kls X, XI dan XII wajib mengikuti dan mengisi daftar hadir.
  6. Bapak/ibu guru wajib mendampingi siswa-siswi selama pero berlangsung sesuai jadwal hari mengajarnya (disediakan daftar hadir untuk guru). 
  7. Seragam Pero untuk siswa memakai baju muslim berpeci dan bersarung, siswi memakai baju muslimah (tidak boleh bercelana) untuk seragam bapak/ibu guru menyesuikan.
  8. Selama Pero siswa-siswi disarankan memakai sandal untuk mempermudah ketika berwudlu.
  9.  Post Test (Ujian Akhir Pesantren Romadhan) wajib menggunakan handphone (disediakan reward untuk 3 peserta yang mendapat nilai tertinggi)
  10. Zakat Fitrah dan pendistribusiannya dilaksanakan di Madrasah pada hari Sabtu, 30 Maret sd 3 April 2024 sesuai jadwal Pesantren Romadhon. Bapak/Ibu guru dan karyawan bisa mengusulkan tetangga dekatnya yang sangat membutuhkan untuk mendapat zakat fitrah dari MA Darma maksimal 3 orang.
  11. Libur Akhir Romadhon dan Idul Fitri 4 sd 17 April 2024 (masuk Kamis, 18 April 2024 apel halal bihalal dilanjutkan KBM seperti biasa).























Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form