Email, atau electronic mail (surat elektronik), adalah metode komunikasi digital untuk mengirim dan menerima pesan melalui jaringan komputer seperti internet. Pesan ini dapat berisi teks, gambar, atau file lainnya dan dikirimkan antara satu atau lebih pengguna yang memiliki alamat email unik.
Sejarah email
Surat elektronik sudah lama digunakan bahkan sebelum internet lahir. Pada tahun 1965, orang menggunakan program komputer bernama MAILBOX untuk membagikan surat dalam bentuk elektronik. Satu komputer digunakan oleh beberapa pengguna untuk mengirim dan membaca email.
Pada tahun 1969, orang mulai menggunakan ARPANET (Advanced Research Projects Agency Network) untuk mengirim surat elektronik melalui jaringan bersama yang menghubungkan banyak komputer di beragam departemen.
Pada tahun 1971, Ray Tomlinson menemukan cara untuk mengirim pesan antarpengguna pada host yang berbeda menggunakan simbol @ pada server tujuan. Namun, itu hanya berfungsi untuk organisasi yang menggunakan jaringan bersama.
Pada akhirnya, organisasi perlu berkomunikasi dengan orang di berbagai jaringan. Kebutuhan komunikasi antarorganisasi inilah yang mendasari lahirnya Internet.
Sejarah email
Surat elektronik sudah lama digunakan bahkan sebelum internet lahir. Pada tahun 1965, orang menggunakan program komputer bernama MAILBOX untuk membagikan surat dalam bentuk elektronik. Satu komputer digunakan oleh beberapa pengguna untuk mengirim dan membaca email.
Pada tahun 1969, orang mulai menggunakan ARPANET (Advanced Research Projects Agency Network) untuk mengirim surat elektronik melalui jaringan bersama yang menghubungkan banyak komputer di beragam departemen.
Pada tahun 1971, Ray Tomlinson menemukan cara untuk mengirim pesan antarpengguna pada host yang berbeda menggunakan simbol @ pada server tujuan. Namun, itu hanya berfungsi untuk organisasi yang menggunakan jaringan bersama.
Pada akhirnya, organisasi perlu berkomunikasi dengan orang di berbagai jaringan. Kebutuhan komunikasi antarorganisasi inilah yang mendasari lahirnya Internet.
Cara kerja
Fungsi utama
Soal Esai
- Mengirim pesan: Anda menulis pesan, memilih penerima (satu atau lebih) dengan memasukkan alamat email mereka, dan mengirimkannya.
- Menerima pesan: Pesan baru akan diterima di kotak masuk (inbox) akun email Anda.
- Menggunakan alamat: Setiap email memiliki alamat unik yang terdiri dari nama pengguna dan nama domain, dipisahkan oleh simbol '@', contohnya nama@example.com.
- Koneksi: Komunikasi ini terjadi melalui internet, sehingga hanya koneksi internet yang dibutuhkan untuk mengirim dan menerima email.
Fungsi utama
- Komunikasi: Memungkinkan komunikasi yang lebih cepat dibandingkan surat tradisional, baik untuk keperluan pribadi maupun profesional.
- Berbagi informasi: Memudahkan pengiriman dan penerimaan berbagai jenis data, seperti dokumen, foto, dan video.
- Pencatatan: Berfungsi sebagai arsip atau catatan komunikasi yang dapat diakses kembali di kemudian hari.
- Identitas digital: Digunakan sebagai akun utama untuk mendaftar di layanan lain, seperti media sosial dan smartphone.
Cara membuat email Gmail
Buka situs Akun Google atau aplikasi Gmail, lalu klik "buat akun" dan ikuti instruksi di layar. Anda perlu mengisi informasi pribadi seperti nama, tanggal lahir, dan jenis kelamin, lalu memilih nama pengguna dan membuat kata sandi yang kuat. Terakhir, verifikasi nomor telepon (opsional) dan setujui kebijakan privasi untuk menyelesaikan pembuatan akun.Cara berkirim pesan di email Gmail
Untuk mengirim email Gmail, buka aplikasi Gmail, klik "Tulis", lalu masukkan alamat penerima di kolom "Kepada", tambahkan subjek dan isi pesan Anda, dan terakhir klik "Kirim". Anda juga bisa menambahkan lampiran dengan mengklik ikon klip kertas sebelum mengirim.
Langkah-langkah mengirim email
Untuk mengirim email Gmail, buka aplikasi Gmail, klik "Tulis", lalu masukkan alamat penerima di kolom "Kepada", tambahkan subjek dan isi pesan Anda, dan terakhir klik "Kirim". Anda juga bisa menambahkan lampiran dengan mengklik ikon klip kertas sebelum mengirim.
Langkah-langkah mengirim email
- Buka Gmail:Buka aplikasi Gmail di komputer Anda atau di ponsel/tablet Android.
- Mulai email baru:Di komputer, klik Tulis di pojok kiri atas.
- Di ponsel/tablet, ketuk ikon + atau "Tulis" di kanan bawah.
- Masukkan penerima:Ketik alamat email penerima di kolom "Kepada".
- Anda bisa menambahkan penerima lain di kolom "Cc" atau "Bcc" jika diperlukan.
- Tambahkan subjek:Ketik judul email di kolom "Subjek".
- Tulis isi email:Ketik pesan Anda di area teks yang lebih besar.
- Anda bisa memformat teks menggunakan opsi pemformatan di bagian bawah pesan.
- Lampirkan file (jika perlu):Klik ikon klip kertas untuk melampirkan file dari komputer atau Google Drive Anda.
- Kirim email:Klik tombol Kirim.
Menu" di email Gmail
Menu utama Gmail mencakup folder (Kotak masuk, Draf, Spam, Sampah), opsi untuk menulis dan membalas email, menu "tindakan" seperti Arsipkan, Hapus, dan Tandai belum dibaca, serta panel samping untuk mengakses Google Chat, Kalender, dan Tasks. Di dalam menu tersebut, terdapat juga setelan untuk menyesuaikan notifikasi, tanda tangan, dan tata letak kotak masuk.
Menu utama dan folder
- Kotak masuk: Menerima email baru.
- Draf: Menyimpan email yang belum selesai dikirim.
- Spam: Berisi email yang terdeteksi sebagai sampah.
- Sampah: Berisi email yang sudah dihapus.
- Bintang: Mengelola email penting.
- Tulis: Memulai email baru.
- Balas/Teruskan: Merespons email yang diterima atau meneruskannya ke orang lain.
- To, Cc, Bcc: Mengatur penerima email.
- Subjek: Bagian untuk menulis judul email.
- Isi pesan: Bagian utama untuk menulis konten email.
- Arsipkan: Memindahkan email dari kotak masuk ke arsip tanpa menghapusnya.
- Laporkan spam: Menandai email sebagai spam.
- Hapus: Mengirim email ke folder Sampah.
- Tandai belum dibaca: Mengubah status email menjadi belum dibaca.
- Pindahkan ke: Memindahkan email ke label atau folder tertentu.
- Tunda: Menjadwalkan email untuk muncul kembali di kotak masuk nanti.
- Beri label: Menambah atau menghapus label pada email.
- Google Chat: Mengakses aplikasi chat terintegrasi.
- Google Kalender: Melihat jadwal Anda.
- Google Tasks: Membuat tugas dari email.
- Google Keep: Menyimpan catatan.
- Setelan: Mengakses berbagai pengaturan Gmail, seperti notifikasi, tanda tangan, dan tata letak.
Soal Pilihan Ganda
1. Manakah dari berikut ini yang merupakan komponen utama sebuah email?
a. Alamat IP, tanggal, dan waktu
b. Subjek, isi, dan lampiran
c. Nama pengguna dan kata sandi
d. Nomor telepon dan tanda tangan
b. Subjek, isi, dan lampiran
c. Nama pengguna dan kata sandi
d. Nomor telepon dan tanda tangan
2. Mengapa penting untuk menulis baris subjek yang jelas dalam sebuah email?
a. Agar email tidak dianggap spam
b. Agar penerima dapat memahami isi email secara sekilas
c. Agar email dapat dikirimkan lebih cepat
d. Agar email tidak memakan banyak ruang penyimpanan
a. Agar email tidak dianggap spam
b. Agar penerima dapat memahami isi email secara sekilas
c. Agar email dapat dikirimkan lebih cepat
d. Agar email tidak memakan banyak ruang penyimpanan
3. Apa yang dimaksud dengan lampiran (attachment) dalam email?
a. Bagian dari header email
b. File yang dilampirkan bersama email untuk dikirimkan
c. Tanda tangan digital pengirim
d. Informasi kontak penerima
b. File yang dilampirkan bersama email untuk dikirimkan
c. Tanda tangan digital pengirim
d. Informasi kontak penerima
Soal Esai
- Jelaskan kegunaan email dalam kehidupan sehari-hari dan dunia profesional!
- Sebutkan dan jelaskan komponen-komponen utama yang harus ada dalam sebuah email yang baik!
- Bagaimana cara mengirimkan email yang berisi dokumen gambar atau video kepada penerima?
- Apa yang dapat terjadi jika seseorang membuka lampiran dari email yang mencurigakan, terutama jika pengirimnya tidak dikenal?
- Sebutkan beberapa alasan mengapa email yang Anda kirimkan tidak sampai ke penerima!