Kuliah S2 UNISULA

Kuliah Pakar Oleh Prof. Dr. Abdul Jamil MA (Kamis, 12 Oktober 2023)

Prof. Dr. Abdul Jamil MA
  1. Kuliah pakar merupakan kuliah yang dilakukan oleh narasumber yang dianggap sebagai sumber terpercaya atas teknik maupun keahlian tertentu yang memiliki kemampuan untuk menilai dan memutuskan sesuatu dengan benar, baik dan sesuai dengan aturan yang ada.
  2. Islam sebagai the way of life merupakan ajaran yang memberikan petunjuk, arah dan aturan-aturan (syariat) pada semua aspek kehidupan manusia guna memperoleh kebahagian di dunia dan akhirat. Salah satu aspek yang diatur dalam Islam adalah aspek muamalat.
  3. Artinya: Wajah-wajah (orang mukmin) pada hari itu berseri-seri, (karena) memandang Tuhannya. (surah Al Qiyamah ayat 22-23). Lantas, siapa orang yang dimaksud dalam ayat di atas? Menurut Tafsir Tahlili dalam Qur'an Kementerian Agama (Kemenag), ayat di atas merujuk pada calon penghuni surga. Imam Nawawi dalam Syarh Shahih Muslim menambahkan, para penghuni surga tersebut akan melihat Allah SWT secara nyata tanpa ada dinding pembatas atau hijab. Penglihatan tersebut,
  4. diserupakan Imam Nawawi seperti melihat bulan. Namun yang diserupakan adalah cara melihatnya bukan dalam artian menyamakan Allah SWT dengan bulan. Tasawuf atau yang dikenal juga sebagai sufisme merupakan suatu ajaran tentang bagaimana menyucikan jiwa, menjernihkan akhlak, serta membangun dhahir dan batin. Ilmu UshuluddinDinamakan sebagai Ilmu Ushuluddin karena membahas mengenai prinsip-prinsip agama Islam. Tidak hanya prinsip-prinsip agama saja, tetapi juga pada prinsip kepercayaan agama dengan dalil-dalil yang qat'i (Al-Quran dan hadis Mutawatir) serta dalil-dalil fikiran. Hukum islam mencerminkan seperangkat norma Ilahi yang mengatur tata hubungan manusia dengan Allah, hubungan manusia dengan manusia lainnya dalam kehidup.
  5. Clifford Geertz mengatakan bahwasannya islam jawa dibagi menjadi 3 golongan yaitu: 1. Santri adalah varian masyarakat di Jawa yang taat kepada ajaran Islam, 2. Abangan yang lebih longgar dan tak terlalu taat pada ajaran Islam. 3. Priyayi adalah golongan bangsawan/ningrat yang tak terlalu taat pada ajaran Islam, terpesona pada adat dan kebiasaan yang datang dari leluhur.
Kuliah Metode Studi Islam Oleh Dr. Choironi AH, M.Ag, M.Pd (Jumat, jam 13.00)
  1. Islam bagi kitab berfungsi sebagai jalan untuk menggapai kemaslahatan, ketenangan dan kedamaian serta keselamatan, baik di dunia maupun di akhirat.
  2. Dengan demikian lembaga pendidikan Islam adalah suatu wadah atau tempat dari organisasi yang diadakan untuk mengembangkan lembaga- lembaga Islam, dan mempunyai pola-pola tertentu dalam memerankan fungsinya, serta mempunyai struktur tersendiri yang dapat mengikat individu yang berada di bawah naungannya.
  3. Bagi orang muslim Islam Way Of Life untuk Non Musli Objek Study
  4. Islam"dapat diartikan sebagai agama yang diberikan oleh Allah kepada Muhammad sebagai jalan keselamatan di dunia dan akhirat yang ajarannya.
  5. paradigma adalah kumpulan dari perangkat aturan yang menetapkan ataupun mendefinisikan batas-batas.
  6. Paradigma study islam adalah cara pandang seseorang dalam memandang agama islam yang selanjutnya bisa digunakan untuk memahami islam itu sendiri. Setiap orang memaknai agama islam dengan berbagai sudut pandang salah satunya dari sudut pandang filosofis, antropologis, sosiologis dan historis. 
  7. Pendekatan Study Islam diantaranya Ta'shiliah (yang dilakukan oleh Salafus Sholih), Scientifik
  8. Worldview Islam diawali dari turunnya wahyu yang disampaikan kepada Nabi melalui perantara Malaikat, kemudian wahyu tersebut disebarkan kepada manusia. Worldview Islam adalah cara pandang seseorang muslim mencangkup aspek batin dan aspek jasad (fisik), secara menyeluruh atas realita dan kebenaran. Kelahiran worldview bukanlah secara tiba-tiba tetapi kelahirannya melewati proses yang panjang melalui beberapa aktivitas-aktivitas. Aktivitas tersebut diantaranya adalah aktivitas agama, budaya, kultur, tradisi, kepercayaan dll. Ada juga yang terlahir melalui aktifitas Ilmiah. Dari aktivitas agama, budaya, kultur, tradisi, kepercyaan maka lahirlah Worldview Natural. Dari aktivitas ilmiah inilah lahir pandangan hidup saintifik yang diklaim sebagai Worldview Barat. Dapat dianalisa bahwa asal mula kedua worldview diatas sudah berbeda secara asalnya, di mana worldview Barat berawal dari komunitas ilmuwan sementara worldview Islam berawal dari wahyu atau pesan Tuhan maka hasilnya pun akan berbeda. 
  9. Metode berasal dari bahasa Yunani “Greek”, yakni “Metha” berarti melalui , dan “Hodos” artinya cara, jalan, alat atau gaya. Dengan kata lain, metode artinya jalan atau cara yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan tertentu.
Jum'at 20 Oktober 2023
  1. Islam sebenarnya lebih dari sekedar agama tetapi peradaban yang sempurna. Islam mengajarkan bagaimana membentuk budaya dan proses menuju pembentukan peradaban lebih lanjut dalamperkembangan kehidupan manusia.
  2. “Ta’sil” ialah kata terbitan daripada kalimah (أصل) yang bermaksud asal dan punca. Dalam penggunaan ilmu fiqh, ta’sil membawa maksud: Proses menyandarkan hukum kepada sumber dan dalilnya.
  3. Seperti diketahui, skripsi adalah tugas akhir yang dibuat untuk meraih gelar sarjana. Sementara, tesis merujuk pada karya ilmiah tertulis jenjang magister atau pascasarjana (S2). Disertasi menjadi karya tulis ilmiah mahasiswa yang hendak menyelesaikan program doktoral atau S3. Skripsi mengangkat masalah yang bersumber pada pengalaman empirik dan bersifat tidak mendalam. Tesis juga dapat berasal dari pengalaman empirik, tetapi bersifat mendalam dan teoritis. Disertasi berangkat dari kajian teoritis dengan dukungan fakta empirik sehingga permasalahan yang digali sangat mendalam dan spesifik. Proses penulisan berkaitan erat dengan kemandirian penulis saat pengerjaan tugas akhir. Pada skripsi, mahasiswa masih memperoleh bimbingan cukup intensif dari pembimbing dengan porsi 60% penulis dan 40% pembimbing. Persentase ini menurun saat pengerjaan tesis karena penulis berperan 80% dalam prosesnya. Ketika membuat disertasi, penulis bertanggung jawab 90% atas karya tulis ilmiah tersebut dengan sedikit pendampingan dari pembimbing.
  4. Epistemologi dalam Islam adalah cabang filsafat yang membahas tentang asal, struktur, metode, validitas, dan tujuan ilmu pengetahuan. Epistemologi mempelajari secara filosofis tentang kebenaran serta kriterianya dan menjelaskan cara yang dapat membantu diperolehnya kebenaran itu. Epistemologi mempunyai tempat yang cukup sentral dalam bangunan filsafat ilmu, sehingga epistemologi telah menarik perhatian para pemikir baik di Barat maupun di bangunan pemikiran Islam modern 1. Dalam perkembangan filsafat Islam, epistemologi menjadi suatu bidang disiplin baru ilmu yang mengkaji sejauh mana pengetahuan dan makrifat manusia sesuai dengan hakikat, objek luar, dan realitas eksternal 2.
  5. Sumber Pengetahuan dalam Studi Islam: Wahyu berasal dari bahasa arab al-wahy, artinya suara, api, dan kecepatan. Disamping itu, wahyu mengandung makna bisikan, isyarat, tulisan, dan kitab. Wahyu merupakan pengetahuan yang disampaikan oleh tuhan kepada manusia. Pengetahuan ini disampaikan oleh nabi-nabi yang di utusnya sepanjang zaman. Dalam pandangan islam akal manusia mendapatkan kedudukan yang lebih tinggi, hal ini dapat di lihat dari ayat-ayat al quran. Pengetahuan lewat akal disebut pengetahuan ‘aqli’ , akal dengan indra dalam  kaitan ilmu pengetahuan satu debngan yang lain tidak dipisahkan dengan tajam, bahkan sering berhubungan. Rasa merupakan daya yang peting dalam pengetahuan manusia. Karena begitu pentingnya, ini anggap atau dityakini sebagai satu-satunya tolak ukur pengetahuan, pandangan inilah yang disebut sebagai empirisisme. Dalam epistimologi islam, fakultas indriawi terdiri dari dua bnetu, yaitu panca indra lahir dan panca indra batin.
Mata Kuliah Politik Pendidikan Islam Oleh Dr. Ahmad Mujib, MA
  1. Politik pendidikan Islam telah mengalami pasang surut yang tidak lepas dari faktor siapa yang memegang kendali kekuasaan/pemerintahan.
  2. Fungsi utama kajian politik pendidikan Islam adalah memberikan orientasi berpikir realistik, bahwa pendidikan Islam bukan semata-mata praktik pendidikan, tetapi praktik pendidikan yang bermuatan dakwah. Lebih dari itu, susunan pendidikan Islam bukan sema-mata bersifat normatif sebagai ikhtiar sosialisasi ajaran Islam, tetapi acapkali merupakan produk keputusan politik dan desakan kebutuhan masyarakat.
  3. Menurut Prof Wan Daud, bangsa dengan tradisi ilmu yang sangattinggi akan memiliki pengaruh besar kepada bangsa lain yang jauh lebih besar jumlah rakyatnya, bahkan jauh lebih kuat bala tentaranya
Mata Kuliah Paradigma Pendidikan Islam oleh Dr. Agus Irfan AH, M.Pi
Dasar paradigma pendidikan Islam adalah al-Qur'an dan Hadis yang digunakan sebagai rujukan utama dalam membuat dan mengembangkan konsep, prinsip, teori, dan teknik pendidikan.
Paradigma, secara etimologis berasal dari bahasa Inggris, paradigm berarti type of something, model, pattern (bentuk sesuatu, model, pola).
Taswir/tas·wir/ Ar n 1 gambaran; lukisan; 2 ki pidato untuk menggambarkan (menguraikan) sesuatu.
 Paradigma pendidikan dapat diartikan sebagai cara berpikir atau sketsa pandang menyeluruh yang mendasari rancang bangun suatu sistem pendidikan. Sistem pendidikan secara fungsional merupakan refleksi ideologis dari filsafat tertentu yang menyuguhkan cara pandang tertentu terhadap sesuatu dalam semesta kehidupan. Itulah paradigma yang mengilhami bangunan sistem pendidikan. 

Pengebangan Sistem Pembelajaran Berbasis IT

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form