No title

 Pidato Perpisahan Siswa-siswi Kls XII 2023/2024



إِنّ الْحَمْدَ ِللهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَسَيّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلّ لَهُ
وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاّ اللهُ وَأَشْهَدُ أَنّ مُحَمّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ
اَللهُمّ صَلّ وَسَلّمْ عَلى سيد نا مُحَمّدٍ وَعَلى آلِهِ وِأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدّيْن ( اما بعد )

Marilah kita bersyukur kepada Allah swt. yang senantiasa menganugerahkan rahmat, taufiq dan petunjuk-Nya kepada kita semua, sehingga pada hari ini, kita bisa berkumpul di madarasah yang kita cintai ini, dalam rangka perpisahan atau pelepasan siswa-siswi kls XII.

Sholawat serta salam semoga tetap berlimpah kepada beliau junjungan kita nabi besar Muhammad SAW yang membawa rislah yang ita yakini kebenarannya yaitu risalah islam. 

Anak-anakku sekalian yang saya cintai. Kalian memang telah menyelasaikan belajar secara formal tingkat SLTA di madarasah ini, tapi itu bukan berarti kalian telah selesai dan mengakhiri belajar. Janganlah kalian merasa cukup dan bangga dengan predikat kelulusan yang telah kalian raih. Kami berharap kalian terus belajar ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, sesuai dengan bakat yang kalian miliki masing-masing. Do'a kami selalu mengiringi perjuangan kalian, bagi yang meneruskan ke perguruan tinggi, semoga apa yang kalian cita-citakan itu dapat tercapai dengan baik. Ukirlah prestasi dan nama baik kalian, prestasi dan kesuksesan kalian tentu juga akan mengaharumkan nama baik almamater yang kita cintai ini. 

Sementara bagi anak-anakku yang satu dan lain hal sehingga terpaksa tidak bisa melanjutkan ke perguruan tinggi, kamijuga berdo'a, semoga ilmu yang kalian peroleh bermanfaat, kalian juga bisa belajar walaupun tidak secara formal. Karena ilmu Tuhan amatlah luas, apa kita peroleh dan ketahui itu, hanyalah sedikit. Tidak ada kata berhenti belajar. Bukankah Nabi kita telah bersabda bahwa belajarlah kalian sejak mulai dari ketika masih dalam kandungan sampai kalian masuk ke liang lahad, alias mati.

Selanjutnya, kami juga tidak lupa meminta maaf pada kalian, atas segala kekhilafan dan kesalahan kami segenap dewan guru. Mungkin dalam pandangan anak-anakku semua kami terkesan keraspada kalianyang membuat kalian kurang berkenan, walaupun sesungguhnya itu kami lakukan bukan karena ketidak sukaan atau kebencian terhadap kalian, tetapi itu semua terjadi pada dasarnya adalah demi kebaikan kalian semua. Namun demikian bila kalian anggap menyakitkan dan tidak berkenan kami pun minta maaf kepada kalian semua.

Kelebihan menyekolahkan anak di Madrasah Aliyah
  • Orientasi Sumbangannya Shodaqoh Infaq bukan iuran 
  • Siswa Memperoleh Pendidikan Umum + Agama. Kelebihan pertama dari jenjang sekolah ini adalah siswa akan diberikan pendidikan umum dan juga pendidikan agama. untuk di Madrasah pelajaran agamanya diperluas, madrasah dikenal sebagai sekolah plus bertaraf islam.
  • Tertanam niat tulus untuk mencari ilmu, sehingga termasuk anak yang bejo (beruntung) dan orang tuanya juga bejo (beruntung). Kenapa dikatakan bejo dengan niat sekolah yang tulus mencari ilmu atau tholabul ilmu maka sekolahnya tadi termasuk ibadah, sebagaimana hadits nabi:
    طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ
    “Menuntut ilmu itu wajib atas setiap Muslim” (HR. Ibnu Majah no. 224, dari sahabat Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, dishahihkan Al Albani dalam Shahiih al-Jaami’ish Shaghiir no. 3913). Karena menuntut ilmu masuk suatu perintah atau kewajiban maka melaksanakan termasuk ibadah yang berpahala, beda kalau menuntut ilmu tadi tercampuri unsur" dunia dan lain" maka melaksanakannya bisa celaka, sebagaimana hadits Nabi : 
    Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
    مَنْ تَعَلَّمَ عِلْمًا مِمَّا يُبْتَغَى بِهِ وَجْهُ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ لاَ يَتَعَلَّمُهُ إِلاَّ لِيُصِيبَ بِهِ عَرَضًا مِنَ الدُّنْيَا لَمْ يَجِدْ عَرْفَ الْجَنَّةِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

    “Barangsiapa yang mempelajari suatu ilmu yang seharusnya diharap adalah wajah Allah, tetapi ia mempelajarinya hanyalah untuk mencari harta benda dunia, maka dia tidak akan mendapatkan wangi surga di hari kiamat.” (HR. Abu Daud no. 3664, Ibnu Majah no. 252 dan Ahmad 2: 338. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).Mengenal Lebih Dekat Tentang Islam. ...
  • Tergolong Jihad Fi Sabilillah,  Telah bercerita kepada kami Nahsr bin Ali dia berkata, telah bercerita kepada kami Khalid bin Yazid Al Ataki dari Abu Ja’far Ar Razi dari Ar Rabi’ bin Anas dari Anas bin Malik dia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: 
    مَنْ خرج فى طلب العلم فهو فى سبيل الله حتى يرجع
    “Barangsiapa keluar dalam rangka menuntut ilmu maka dia berada di jalan Allah sampai dia kembali.” Abu Isa berkata hadis ini hasan gharib, sebagian perawi telah meriwayatkannya namun tidak merafa’kannya.Membentuk Karakter Anak Sesuai Tuntunan Al-Qur'an dan Hadist.
  • Derajatnya akan diangkat oleh Allah, dengan syarat ilmu didapat tadi dibungkus atau didahului dengan iman terlebih dahulu, maka derajat orang yang beriman dan berilmu akan ditinggikan oleh Allah, sebagaimna firmannya
    يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

  • Duniapun tak tertinggal di madrasah disamping memperdalam ilmu agama dan umum dibekali juga dengan berbagai bekal mislanya seni, kedisiplinan, ketangkasan dan ketrampilan untuk bekal anak didik terjun di masyarakat dalam berbagai kegiatan ekstrakurikuler Contoh Pramuka, Music Marching Band, Silat, Futsal, Komputer, Menjahit, Tataboga dll

Manfaat memasukkan anak ke sekolah berbasis agama disamping untuk membentuk karakter anak yang baik dan soleh adalah untuk menjaga lingkungan anak dari pengaruh buruk.

Berikut surat Al Mujadalah ayat 11:

 يَرْفَعِ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْۙ وَالَّذِيْنَ اُوْتُوا الْعِلْمَ دَرَجٰتٍۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ - ١١

Artinya:
Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan."

Asas Pendidikan Seumur Hidup
Hadits Nabi yang berbunyi:
أُطْلُبُ العِلْمَ مِنَ المَهْدِ إِلَيَ اللَّحْدِ

“ Tuntutlah ilmu dari buaian sampai meninggal dunia”.

Ilmu Dan Iman Harus Bersanding
Rasulullah SAW.
"Tuntutlah ilmu, sesungguhnya menuntut ilmu adalah pendekatan diri kepada Allah Azza Wajalla, dan mengajarkannya kepada orang yang tidak mengetahuinya adalah sedekah. Sesungguhnya ilmu pengetahuan menempatkan orangnya dalam kedudukan terhormat dan mulia (tinggi). Ilmu pengetahuan adalah keindahan bagi ahlinya di dunia dan di akhirat."
Maka dari itu mari kita perbaiki Iman dan Ilmu kita untuk menjadi hamba Allah SWT yang dekat dan tinggi di sisi-Nya,

3 Elemen Kunci: Adab, Ilmu, dan Amal
  • Adab maknanya tidak hanya sebatas akhlak. Salah satu maknanya adalah menempatkan suatu hal pada tempatnya.Ilmu Jika tidak disertai adab bisa bahaya. Yang terjadi bukannya seperti pepatah tentang padi, semakin berisi semakin menunduk. Yang terjadi malah semakin berisi semakin meninggi.
  • Amal tanpa ilmu, tentu tidak baik juga. Hanya berbuat tapi tidak tahu panduan. Yang ada bukannya bermanfaat, tapi malah membuat keonaran. Malah bikin repot.
  • Ilmu tanpa amal lmunya tidak bermanfaat sama sekali. Hanya sebatas tahu, tapi tidak ada amalan. 
  • Adab adalah yang paling didahulukan sebelum berilmu dan beramal. 
Dalam Kitab Al-Hikam karya Ibnu Atha’illah as-Sakandari di judul Buah Ilmu yang Bermanfaat, ada 3 pesan yang beliau tuliskan. Ilmu yang bermanfaat adalah yang cahayanya melapangkan dada dan menyingkap tirai kalbu, Sebaik-baik lmu adalah yang disertai rasa takut pada-Nya, Jika ilmu disertai rasa takut, ia akan berguna bagimu. Namun jika tidak, ia akan menjadi petaka bagimu.

Dalam literatur pendidikan Islam, jelas terpampang bahwa pelajaran pertama yang diterima seorang murid adalah bab Adabu Mu’allim wa Muta’allim (adab antara guru dan murid).

Niat yang benar dalam menuntut ilmu adalah wajib dilandasi dengan niat yang suci dan ikhlas semata-mata mengharap ridha Allah SWT. Menghidupkan syariat Rasulullah dan menyucikan budi pekerti. Niat menuntut ilmu adalah menundukkan nafsu yang tiada henti mengajak pada kejahatan. Al Ghazali menekankan alangkah mujurnya bila seorang murid berniat menuntut ilmu seperti ini. dengan niat mencari materi dan kesenangan dunia atau mengejar pangkat. Jangan sampai niatnya hanya agar dapat dipamerkan di hadapan teman-teman. Niat seperti ini hanya akan mengakibatkan kemalangan. Sebab, tidak akan menghasilkan pahala dan ridha Allah.

Mencari ilmu yang niatnya digunakan untuk memperoleh kekuasaan dunia, adalah suatu kesalahan yang amat besar. Sebagaimana hadits Nabi Muhammad SAW berikut :

Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy’ari juga menjelaskan betapa bahayanya orang yang menimba ilmu hanya untuk memenuhi nafsu duniawi. Sebab ilmu yang diperuntukkan bagi pemenuhan nafsu duniawi, hanya akan membawa dampak negatif bagi yang bersangkutan. Hal ini justru akan menjerumuskan umat ke dalam kefasidan. Dalam satu riwayat disampaikan, Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ تَعَلَّمَ عِلْمًا مِمَّا يُبْتَغَى بِهِ وَجْهُ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ لاَ يَتَعَلَّمُهُ إِلاَّ لِيُصِيبَ بِهِ عَرَضًا مِنَ الدُّنْيَا لَمْ يَجِدْ عَرْفَ الْجَنَّةِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

“Barangsiapa yang mempelajari suatu ilmu (belajar agama) yang seharusnya diharap adalah wajah Allah, tetapi ia mempelajarinya hanyalah untuk mencari harta benda dunia, maka dia tidak akan mendapatkan wangi surga di hari kiamat.” (HR. Abu Daud no. 3664, Ibnu Majah no. 252 dan Ahmad 2: 338. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Kewajiban mencari ilmu ini telah diterangkan langsung oleh Rasulullah SAW :
طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ
“Menuntut ilmu itu wajib atas setiap muslim.” (HR. Ibnu Majjah)

Prestasi MA DARMA  Di Semester Gasal 22/23 baik offline maupun Online Mulai dari KSM, OSN, OBA dan lomba-lomba online.

Prestasi Akademik
  1. KSM Juara harapan 1 MTK Atas nama ananda Aryo Budi Santoso, Juara Harapan 2 Biologi ananda Sasa Laila Nur Sa'adah Santoso  dan Juara harapan 3 Biologi ananda Mirza Adilasaef.
  2. OSN Lolos tingkat provinsi Mapel Fisika ananda Eka Puji Lestari dan Biologi ananda Refi Evrista Agustisya.
  3. OBA Juara Harapan 2 atas nama ananda Aisyah Rahayuning Tiyastuti.
  4. Online Juara 6 besar dari 65 Madarasah di Kabupaten Pati.
Prestasi Non Akademik
  1. Handoko  Dwi Prastiyo X MIA2
    Juara 3 Pencak Silat PSHT CUP Kabupaten Pati
  2. 2 medali perunggu dari cabor Pencak Silat Pati Open Cup 2022 diraih oleh 2 siswi MA DARMA atas nama Racha XI IIS2 & Viola X MIA2 


Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form